Vitamin K, Nutrisi yang Diperlukan

Vitamin K, Nutrisi yang Diperlukan


(Erabaru.or.id) – Vitamin K mungkin merupakan memegang peranan terbaik dalam penggumpalan darah. Namun, di samping itu masih memiliki banyak fungsi lainnya.

Studi menunjukkan peran vi-tamin K baik itu terhadap kesehatan darah dan arteri maupun kontribusinya memperkuat sistem imunisasi adalah sama penting.

Dalam komunitas medis, kebanyakan manusia hampir tidak berpikir mengenai kebutuhan mereka akan konsumsi vitamin K, mengingat banyak varitas makanan yang mengandung vitamin K, tubuh memiliki metode sirkulasi mempertahankan kadar vitamin K dan bakteri usus berfungsi dalam mengumpulkan vitamin K2.

Mengonsumsi sejumlah kecil vitamin K diketahui berhubungan dengan tingginya tingkat insiden terhadap patah tulang dan osteoporosis.

Sementara studi lain menunjukkan rendahnya tingkat konsumsi vitamin K berhubungan dengan penyempitan arteri atau pembuluh nadi.

Studi tambahan menunjukkan bahwa pasien yang mengidap kanker tertentu mendapat manfaat dari vitamin K yang dikonsumsi dengan dosis lebih besar dari dosis normal.

Sumber terbesar dari vitamin K (vitamin K1 atau phylloqui-none) berasal dari tumbuh-tum-buhan. Sayur-sayuran hijau, seperti kangkung dan lobak Swiss, memiliki kandungan vitamin K1 yang berlimpah. Selain itu sejumlah besar makanan seperti brokoli, taoge, bayam, dan kembang kol juga mengandung vitamin K.

Apabila sumber makanan di atas dikonsumsi dengan jumlah mencukupi, maka tidak perlu mengonsumsi suplemen vitamin K tambahan.

Mengingat vitamin K merupakan vitamin yang larut dalam lemak, maka saat makan ma-kanan yang mengandung kadar vitamin K tinggi dianjurkan di-ikuti dengan makanan yang mengandung lemak.

Anticoagulant (sejenis nutrisi untuk mencegah pembekuan da-rah) seperti warfarin, berkontraksi dengan metabolisme vitamin K. Apabila seorang pasien mengonsumsi anticoagulant, se-baiknya mendengar saran dokter sebelum mengonsumsi sejumlah besar makanan dengan kandungan vitamin K tinggi. Atau, lebih bijak untuk mengingatkan kepada anak-anak: “Makanlah sayur-sayuran!” (rtr/val)

Referensi:
Ten Important Facts About Vitamin K That You Need to Know oleh Dr. Joseph Mercola dan Rachael Droege,http://www.mercola.com/2004/mar/24/vitamin_k.htm
Vitamin K oleh Institut Linus Pauling, http://lpi.oregonstate.edu/infocenter/vitamins/vitaminK/
Diterjemahkan dari: http://en.epochtimes.com/news/7-9-28/60201.html

One Response

  1. apa betul mengkonsumsi fitamin k dapat menyeburkan kandungan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: