Kitty Hawk, kisah mimpi 10 tahun

wrightKitty Hawk adalah nama tempat lahirnya pesawat terbang bermesin pertama bernama ‘The Flyer’ buatan Wright bersaudara yang berhasil terbang sejauh kira-kira 40 meter (lebih tepatnya Kitty Hawk adalah nama daerah tempat percobaan pesawat tersebut dilakukan di North Carolina). The Flyer ini bukanlah pesawat terbang pertama buatan manusia. Sebelumnya sudah populer pesawat balon udara Zeppelin. The Flyer menjadi terkenal karena merupakan pesawat terbang pertama yang dapat dikendalikan menggunakan bidang kendali yang kini disebut aileron.

Saya sering menjadikan Wright Brothers ini sebagai contoh orang-orang dengan kecerdasan aspirasi tinggi. Tahukah Anda bahwa mereka belajar otodidak untuk membuat pesawat terbang? Tahukah Anda bahwa mereka sebenarnya adalah pembuat sepeda? Dan tahukah Anda bahwa mereka gigih memperjuangkan mimpi membuat pesawat terbang hingga berhasil setelah 10 tahun?

Dan kisah keuletan Wright bersaudara ini ternyata lebih hebat dari yang saya bayangkan. Mereka melakukan eksperimen sendiri untuk membuat profil sayap pesawat (membuat wind tunnel sendiri, dan menemukan koreksi persamaat gaya angkat yang lebih baik, sehingga bisa membuat sayap lebih bagus dari yang sebelumnya ada). Mereka mendesain baling-baling. Ketika mereka gagal menemukan mesin yang cukup ringan di pasaran, maka mereka pun mendesain mesin pesawat mereka sendiri dengan hasil mesin yang ringan namun dengan tenaga lebih kuat! Mereka mendesain konstruksi pesawat. Dan mereka menciptakan bidang kendali pesawat terbang yang pertama kalinya.

Bentuk The Flyer tampak sangat aneh dengan bidang kendali (kini disebut elevator) yang menjulur ke depan. Saat ini kita lebih mengenal pesawat dengan bidang kendali pada ekor. The Flyer memiliki bidang kendali di depan pesawat yang sekarang lazim disebut dengan canard. Jadi sekilas tampak seperti pesawat dengan ekor di depan.

Tentu saja butuh kejeniusan untuk membuat pesawat terbang seperti Wright Brothers ini. Yang patut pula kita kagumi adalah kegigihan selama 10 tahun untuk merealisasikan sebuah mimpi. Selama 10 tahun di bawah cemoohan banyak orang, mereka tekun dan beriman dengan yakin bahwa mimpinya bisa terwujud. (Seratus tahun kemudian temuan mereka mengantarkan jutaan orang terbang ke seluruh penjuru dunia, termasuk juga mengantar para jamaah muslim pergi berhaji.)

Bisakah kita memegang mimpi hingga 10 tahun ke depan? Berapa lama Anda gigih membela mimpi Anda? Dua tahun? Satu bulan saja?

(Kalau tiap bulan mimpi kita terus berganti, pantas saja kita tak kunjung menuai sukses…. )

kitty hawk

American brothers Wilbur, left, and Orville Wright invented the first practical airplane. Creative tinkerers from a young age, they built a printing press and worked on bicycles before turning their attention toward flight. Beginning with kites and then gliders, they achieved the first powered flight in 1903. “Wilbur and Orville Wright.”Microsoft® Encarta® Encyclopedia 2001.

update : nama yang benar dari pesawat Wright adalah The Flyer, bukan Kitty Hawk. Nama Kitty Hawk kemudian dipakai kapal induk USS Kitty Hawk dan pesawat Curtis P-40 Kitty Hawk yang digunakan pada perang dunia II. Jadi selama ini saya sendiri keliru mengira nama pesawat terbang pertama adalah Kitty Hawk, yang benar ternyata The Flyer.

http://sepia.blogsome.com/2007/09/12/kitty-hawk-kisah-mimpi-10-tahun/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: