Bush: California, daerah bencana

Bush: California, daerah bencana

 

Sebuah rumah di California yang rusak akibat kebakaran
Lebih dari 1.500 rumah di California hancur terbakar

Presiden Amerika Serikat George W Bush menyatakan California sebagai daerah bencana serius setelah api berkobar selama empat hari yang mendorong evakuasi terbesar di negara itu sejak topan Katrina.

Kebakaran menyebabkan tiga orang tewas, menghancurkan 1.500 rumah dan mengancam 68.000 rumah lainnya, yang menyebabkan kerusakan lebih dari $1 miliar.

Lebih dari 500.000 orang diperintahkan untuk mengungsi di saat angin kencang bertiup di daerah-daerah kebakaran yang menyebar dengan cepat mulai dari Santa Barbara ke Meksiko.

Para pakar cuaca meramalkan kekuatan angin akan berkurang, yang akan memudahkan tugas tim pemadam kebakaran dalam mematikan api.

Bantuan federal

Pernyataan Presiden Bush itu akan mencairkan pendanaan federal untuk membantu pemerintah, keluarga dan warga membangun kembali setelah kebakaran. Saat ini api masih berkobar di 16 titik.

PENANGANAN KEBAKARAN

Petugas pemadam kebakaran

8.000 petugas pemadam kebakaran

1.500 anggota garda nasional

50 helikopter

55 pesawat terbang pemadam kebakaran

Sumber: Kantor Penanganan Darurat

Pada hari Rabu, Presiden Bush memberlakukan keadaan darurat di tujuh daerah California. Dia akan mengunjungi negara bagian itu pada hari Kamis.

“Saya akan terus memastikan penanganan kami terkoordinasi, dan bahwa kami menanggapi kebutuhan rakyat… kami menawarkan doa dan harapan bahwa semua akan bisa dikendalikan,” kata Bush.

Kepala Administasi Manejemen Darurat Federal (FEMA) David Paulison mengatakan pemerintah mengambil pelajaran dari penanganan topan Katrina yang dinilai lamban dua tahun lalu.

“Yang kami saksikan sekarang, yang tidak dilakukan sewaktu topan Katrina melanda adalah penanganan yang sangat baik oleh pemerintah setempat, pemerintah negara bagian dan pemerintah federal dan seluruh lembaga federal,” kata Paulinson.

Lebih dari 162.000 hektar tanah – yang luasnya lebih besar dari kota New York – terbakar.

Para pejabat dinas kehutanan mengatakan angin Santa Ana mengganggu petugas mematikan api yang berkobar di California.

Peta titik api
 

Setidaknya 38 orang menderita luka-luka selain tiga orang dinyatakan meninggal dunia, kata juru bicara Badan Penanganan Darurat California kepada BBC.

Di kawasan San Diego, daerah yang paling parah terkena bencana dan di mana lima titik api masih menyala, biaya kerusakan rumah saja melebihi $1 miliar, kata direktur penanganan darurat San Diego, Ron Lane.

Para petugas pemadam kebakaran bertugas dalam kondisi yang sulit, dengan kekuatan angin mencapai hampir 113 kilometer per jam.

Aparat berwenang San Diego mengeluarkan perintah evakuasi bagi 346.000 rumah dan 560.000 penduduk, tetapi sekitar 50.000 warga diizinkan kembali pada Selasa malam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: