Bakteri dalam tubuh manusia

Bakteri dalam tubuh manusia


Hasil sebuah penelitian yang diumumkan ilmuwan baru-baru ini dalam pertemuan akbar Nasional ke-19 yang bertemakan “Manusia dan obat-obatan”  yang diadakan di Rusia pada Mei 2007 lalu, menyebutkan bahwa bakteri yang hidup di dalam tubuh manusia ada 1-3 kg.

Bakteri yang hidup di kulit manusia saja ada 100 macam bakteri, dan jumlah mikroba adalah 10 kali lipatnya dari total sel manusia. Di antara mereka terdapat bakteri mematikan, tapi ada juga bakteri bermanfaat dan mutlak bagi manusia.

Jika dalam jangka panjang dipengaruhi oleh bakteri perusak, maka susunan organisme akan mengalami perubahan. Akibatnya dapat menyebabkan terjadinya penyakit kronis. Penyakit menular yang tidak disembuhkan saat  muda dapat menjadi penyakit gawat menjelang dewasa. (Tampak dalam gambar adalah karang gigi)

Berbagai penyakit yang diderita manusia justru karena keseimbangan antara bakteri yang merugikan dan bermanfaat mengalami perpecahan. Rusaknya keseimbangan ini menjadi awal proses peradangan, dan tentu saja, akan merusak kesehatan.

Menurut hasil statistik para ilmuwan menunjukkan, bahwa dalam berbagai kondisi dapat menyebabkan terjadinya peradangan akut selaput lendir.

Periodontosis, mungkin dapat mengakibatkan susunan penyangga dan sekitar gigi rusak. Bakteri perusak pada rongga mulut harus bertanggung-jawab terhadap 75%  tanggalnya gigi orang dewasa, bahkan dalam sejumlah kondisi dapat mengakibatkan penyakit lainnya, misalnya memburuknya penyakit  urine, atau  kelahiran dini wanita hamil setelah terinfeksi.

Dewasa ini, banyak negara-negara maju di dunia sangat memperhatikan penelitian diagnosa klinis. Sebab dengan bantuan mereka, ilmuwan bisa secara tepat memastikan sejumlah besar bakteri perusak. Dan bisa dengan segera merespon terhadap soal ini, agar dapat mencegah penyakit yang serius. (Sumber Boxun-rekanan Dajiyuan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: