Mencintainya berarti mencintai kekurangannya – Lombok Tumis Daging Asap

Mencintainya berarti mencintai kekurangannya – Lombok Tumis Daging Asap

Mencintai seseorang berarti harus mencintai kekurangannya, pendapat ini bukan saya yang mengatakannya, melainkan seorang penyanyi tampan bernama Fei Xiang yang mengatakannya dalam lagunya “Dong Tian Li You Yi Ba Huo”. Pada umumnya perasaan seseorang terhadap orang lain, biasanya hanyalah terikat pada penampilan luarnya di depan orang banyak, juga hanya terbatas pada atribut dari komunitas sekeliling terhadapnya, hanya pada orang yang sangat dekat dengannya, yang dapat bersama-sama secara mendalam merasakan tiap detail dalam kehidupan secara terperinci, kesedihan ketika suasana hati sedang menurun, suara igauan yang kita keluarkan secara tidak sadar pada waktu tidur, atau pada waktu polah kita mengunyah makanan yang tidak sopan dilihat ketika kita sedang bersemangat.

Macam-macam daging yang telah diangin – angin  dan diasap menjadi daging asap , adalah sebuah cara untuk memudahkan agar makanan lebih awet dan tahan lama, di Tiongkok disebut dengan dendeng atau daging asap, di luar negeri disebut juga dengan BACON, cara pengasapan dan diangin – angin ini kurang lebih sama, hanya saja ada sedikit perbedaan khasnya pada cita rasa yang disebabkan pada bahan yang digunakan pada sistim pengasinan, dan jenis kayu yang digunakan pada sistim pengasapan, apakah itu wangi kayu hutan cemara ataukah aroma kayu pohon Walnut.

Sama seperti kebiasaan seseorang, yang tumbuh dan terbentuk setelah melewati jangka waktu yang cukup panjang pada suatu kondisi lingkungan yang unik, demikian juga daging asap karena aroma pengasapannya yang khas memancing penggemarnya, juga sebaliknya ada juga yang menjauhinya. Seseorang yang dikarenakan kharakteristik berbeda (laki/perempuan) lalu memiliki perbedaan dengan orang lain. Orang luar hanya mengetahui permukaannya yang bersinar segar, akan tetapi hanya anda sendiri yang mengerti kebiasaan dan sifatnya yang tidak diketahui oleh orang lain, mungkin juga karena ini, diantara anda dan dia terbentuk suatu tali/ikatan hubungan, hanya dengan anda, dia dapat berbagi hal yang paling pribadi dan rahasia.

Daging asap merupakan makanan serba cocok, dapat digunakan sebagai menu utama atau sebagai menu pendamping, seluruhnya merupakan cita rasa yang khas dengan keunikannya masing-masing, dicincang menjadi butiran halus dapat ditaburkan diatas pizza, diiris halus dapat dijadikan isi roti, yang paling sederhana adalah diiris menjadi potongan kecil lalu ditumis dengan sayur, yang paling memiliki aroma khas masakan Sichuan adalah ditumis dengan menggunakan cabai, tentu saja syaratnya adalah maag dapat menerima rangsangan rasa pedas dari cabai.

Sama halnya, kehidupan adalah nyata, terhadap kekurangannya, atau mengagumi kelebihannya yang tidak dapat ditutupi kekurangannya itu, lalu kemudian belajar untuk menerima kekurangannya, jika tidak gunakanlah daya tarik anda untuk membuatnya berubah, sampai akhirnya benar – benar sudah tidak bisa diterima maka jalan satu – satunya adalah merelakannya, di dunia ini masih ada banyak orang yang dapat dijadikan pasangan anda.

Bagi orang yang tidak menyukai daging asap, menggunakan sosis sebagai gantinya juga dapat memberikan cita rasa tersendiri.

Cara membuat lombok tumis daging asap

1. Yang dipilih untuk digunakan adalah daging asap dengan aroma sizhuan , selain aroma asap, juga ada aroma wangi merica yang kental.

2. Potong daging asap menjadi lembaran, iris cabai, bijinya jangan dibuang, cincang hancur bawang putih, sedikit serbuk ayam, sedikit cuka, ini adalah seluruh bahan-bahannya.

3. Panaskan wajan, masukan bawang putih tumis harum, tambahkan cabai dan tumisan dendeng, tambahkan air masak dengan panci  tertutup selama 5 menit, masukkan bumbu penyedap lalu siap disantap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: